Tentang Tata Ruang Sumatera

Dear all
Blog ini merupakan Kumpulan Persoalan2 yang terkait dengan penataan ruang pulau sumatera, Jika ada yang tertarik berkontibusi untuk menjadi penulis silahkan kirimkan email ke tataruang.sumatera@yahoo.co.id. Sementara ini lagi dilakukan posting secara berkala berdasarkan arsip beberapa mailing list lingkungan yang terkait dengan konflik penataan ruang.

Sabtu, 29 Januari 2011

Anggaran Perubahan Iklim Dan SDA Rp 4,3 Triliun

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,3 triliun untuk mendukung upaya meningkatkan kualitas pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan kapasitas penanganan perubahan iklim dalam RAPBN tahun anggaran 2010.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Negara dalam Pidato Pengantar Rancangan Undang-undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2010 dan Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin.

"Hasil yang diharapkan antara lain adalah pertama, meningkatnya kapasitas mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," kata Presiden.

Kemudian kedua, lanjut dia, adalah meningkatnya pelaksanaan rehabilitasi dan konservasi sumber daya alam, melalui upaya rehabilitasi hutan, penanganan "illegal logging", pengelolaan pertambangan secara berkelanjutan, dan pengendalian pencemaran lingkungan.


Sedangkan ketiga adalah meningkatnya upaya pengelolaan sumber daya kelautan melalui pengendalian "illegal fishing", dan perbaikan pengelolaan ekosistem wilayah pesisir, laut, serta pulau-pulau kecil.


Pemerintah Indonesia, katanya, sebagai salah satu tuan rumah pertemuan PBB tentang perubahan iklim (UNFCCC) guna membahas pengganti Protokol Kyoto, tetap berupaya memegang teguh komitmennya dalam upaya penanganan dampak perubahan iklim sekalipun saat ini dunia sedang dilanda krisis keuangan global yang mau tidak mau memberikan dampak pada pengalokasian anggaran negara-negara untuk upaya penanganan perubahan iklim.


Pada kesempatan itu, selain menyampaikan besaran alokasi anggaran untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan kapasitas penanganan perubahan iklim, Presiden juga menyampaikan sejumlah asusmi makro dan besaran APBN 2010 dalam RAPBN 2010 sebesar Rp1.009,5 triliun tersebut.


Disebutkan antara lain target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen, inflasi 5 persen, nilai tukar rata-rata per dolar AS sebesar Rp10.000, harga minyak mentah Indonesia (ICP) rata-rata per barel 60 dolar AS dan lifting minyak rata-rata 965 ribu barel per hari.


Pemerintah juga menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp729,2 triliun, PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) Rp180,9 triliun, alokasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp699,7 triliun, alokasi anggaran kementerian/lembaga sebesar Rp327,6 triliun, alokasi anggaran Departemen Pendidikan sebesar Rp51,8 triliun, alokasi anggaran Departemen Pertahanan sebesar Rp40,7 triliun, dan alokasi anggaran Departemen Pekerjaan Umum Rp34,3 triliun.

Kemudian alokasi anggaran Departemen Agama Rp26 triliun, alokasi anggaran Departemen Kesehatan Rp20,8 triliun, alokasi anggaran Departemen Perhubungan Rp16 triliun dan alokasi anggaran Kepolisian Negara Rp25,8 triliun.


http://id.news.yahoo.com/antr/20090803/tpl-anggaran-perubahan-iklim-dan-sda-rp4-cc08abe.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar