Tentang Tata Ruang Sumatera

Dear all
Blog ini merupakan Kumpulan Persoalan2 yang terkait dengan penataan ruang pulau sumatera, Jika ada yang tertarik berkontibusi untuk menjadi penulis silahkan kirimkan email ke tataruang.sumatera@yahoo.co.id. Sementara ini lagi dilakukan posting secara berkala berdasarkan arsip beberapa mailing list lingkungan yang terkait dengan konflik penataan ruang.

Rabu, 26 Januari 2011

Pemprov Tak Bisa Dongkrak Harga TBS

Kamis, 09 Juli 2009 | 15:14
PEKANBARU

(satuRiau)- Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau M Yafiz mengaku Pemprov Riau tidak memiliki wewenang untuk mengendalikan harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang harganya terus menurun. Salah satu penyebabnya adalah terkendala regulasi dari pemerintah.
Selain karena terkendala regulasi, harga TBS dan CPO di Riau juga dipengaruhi oleh permintaan pasar.

"Harga CPO (Crude Palm Oil) sepenuhnya dikendalikan oleh permintaan pasar. Kita belum punya kekuatan untutk mengawal menetapkan harga karena harga tergangung demand supply," ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, M Yafiz, Kamis (9/7/09) kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Riau.
Ia juga menyebutkan bahwa data yang dimiliki Disbun sebesar 70 persen produksi CPO yang dihasilkan di Indonesia dikirim ke luar negeri sedangkan sisanya 30 persen digunakan untuk kebutuhan lokal. Dari sisa untuk kebutuhan lokal tersebut 90 persen digunakan diolah untuk minyak goreng.
Oleh sebab itu, untuk meningkatkan harga jual CPO langkah yang paling realistis adalah dengan membangun industri turunan CPO seperti pabrik mentega, sabun dan beberapa pabrik lainnya di Riau.
"Dengan demikian tentu permintaan terhadap CPO akan meningkat dan akan mendongkrak harga CPO," ujar M Yafiz. [ris]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar