Tentang Tata Ruang Sumatera

Dear all
Blog ini merupakan Kumpulan Persoalan2 yang terkait dengan penataan ruang pulau sumatera, Jika ada yang tertarik berkontibusi untuk menjadi penulis silahkan kirimkan email ke tataruang.sumatera@yahoo.co.id. Sementara ini lagi dilakukan posting secara berkala berdasarkan arsip beberapa mailing list lingkungan yang terkait dengan konflik penataan ruang.

Jumat, 28 Januari 2011

[Nice Place] Enggano....Iam in Love

Pulau Enggano adalah salah satu kawasan pulau-pulau kecil  yang terletak di  perairan Samudera Hindia, yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu. Berdasarkan klasifikasi perairan laut Indonesia, kawasan Pulau Enggano termasuk kedalam wilayah perairan Barat Sumatera. Berdasarkan Draft Rancangan Keputusan Presiden Republik Indonesia Tahun 2004 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, bahwa dari 92 pulau yang ada, salah satu diantaranya adalah Pulau Enggano.

Secara geografis, Pulau Enggano berada di wilayah perairan Samudera Hindia dan terletak pada posisi 102,05o hingga 102,25o BT dan 5,17o sampai 5,31o LS. Keseluruhan wilayah daratan Pulau Enggano luasnya ± 40.060 hektar. Sebagai sebuah kecamatan, Pulau Enggano terdiri dari 6 desa yaitu desa Malakoni, Apoho, Meok, Banjarsari, Kaana dan Kahyapu.  Sebagai suatu kepulauan, Pulau Enggano memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya, yakni Pulau Merbau, Pulau Dua, Pulau Satu, dan Pulau Bangkai.



 Kawasan ini merupakan kawasan yang sulit dicapai dibandingkan pulau-pulau lainnya di Sumatera Barat karena tidak ada jalur penerbangan, tetapi dapat dicapai dengan mempergunakan kapal feri dari Bengkulu. Dari citra satelit yang terakhir (dengan kualitas yang tidak terlalu baik), diindikasikan adanya blok hutan yang masih bagus dalam kawasan ini. Tipe habitatnya adalah hutan dataran rendah selalu hijau campuran (mixed-lowland evergreen forest) dan perkebunan/pertanian.

yang sangat menarik dari pulai ini adalah, memiliki 2 spesies endemik yaitu : Celepuk enggano (Otus enganensis) dan Kacamata enggano (Zosterops salvadorii)


Posting oleh saveturtle ke Nice Place pada 5/07/2010 02:19:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar